Penyakit Bubulan pada Kenari dan Pengobatannya

Kenari menjadi salah satu popularitas burung yang digemari akhir-akhir ini, itu karena burung kecil ini mempunyai warna-warna yang beragam, dan tidak lupa kicauannya yang sangat indah. namun bagaimana jika burung yang kita sayangi dan kita pelihara setiap hari itu sakit, dan tiba-tiba mengangkat salah satu kaki pada saat ditangkringan. ya itulah yang saya alami, sedikit bercerita saja mengenai pengalaman saya : beberapa hari kemarin saya melihat burung kenari saya mengangkat salah satu kakinya, dan tak pikir lama lagi, kenari saya langsung saya pegang dan saya periksa, ternyata pada kaki kenari tersebut terdapat benjolan, entah bagaimana asal muasalnya. akhirnya setelah saya browsing dan ingin mengetahui penyebabnya dengan membacanya di blog kawan-kawan, maka saya mencoba mengobatinya dengan memberikan salep 88, salep tersebut saya oleskan 2 kali sehari, yaitu pada pagi dan sore hari, dan ternyata setelah 6 hari benjolan tersebut akhirnya mengecil dan mulai sembuh. 


kesimpulan dari tread yang saya baca di internet adalah burung tersebut terkena jamur, sehingga menyebabkan bubulan, namun adapula beberapa orang yang mengatakan penyebabnya adalah dikarenakan gigitan nyamuk, namun apapun penyebabnya yang penting adalah solusinya.
Beberapa tread untuk mengatasi penyakit tersebut adalah :
1. selalu menjaga kebersihan kandang burung tersebut
2. mengganti tangkringan secara rutin, karena tangkringan yang sudah lama biasanya kalo tidak pernah dibersihkan pastinya akan tercemari dengan jamur-jamur.

Beberapa tread lain dari blog kawan-kawan publisher adalah dengan mengoleskan minyak tawon secara teratur, namun anda harus berhati-hati karena jika usapan minyak tawon tersebut terlalu keras maka akan meungakibatkan kaki burung menjadi luka, jadi diperlukan ketelatenan dalam pengobatannya. 
Update: selain obat obat diatas saya baru mendapatkan informasi baru. Yaitu obat nebo atau obat luka bakar manusia yang bisa didapatkab dari apotik.

Related Posts:

0 Response to "Penyakit Bubulan pada Kenari dan Pengobatannya"

Posting Komentar